Sulut Tuan Rumah Olimpiade Sains Nasional 2011

Medan: Sulawesi Utara ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke- 10 2011 yang akan diikuti siswa-siswa dari seluruh jenjang pendidikan di Indonesia.

"Tahun depan daerah yang menjadi penyelenggara OSN adalah Kota Manado, Sulawesi Utara," kata Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Prof Dr Suyanto usai penutupan OSN ke- 9 di Medan, Sumatra Utara, Jumat (6/8).

Kepastian Sulawesi Utara ditetapkan sebagai tuan rumah ditandai dengan penyerahan panji penyelenggara OSN oleh Prof Dr Suyanto didampingi Wakil Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho kepada Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Utara.

Dengan ditunjukknya Sulawesi Utara sebagai pelaksana OSN ke-10 tahun 2011 menjadikan daerah itu sebagai daerah kesepuluh di Indonesia yang menjadi penyelenggara sejak kegiatan tersebut digelar mulai tahun 2002.

Daerah yang pernah menjadi tuan rumah penyelenggara OSN untuk pertama kali adalah Yogyakarta pada tahun 2002, yang saat itu hanya diikuti oleh siswa-siswa SMA saja.

Tahun 2003, OSN dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kegiatan saat itu sudah melibatkan siswa SD, SMP, dan SMA. Setahun kemudian berlangsung di Pekanbaru, Riau. Tahun 2005, OSN diadakan di DKI Jakarta dan tahun berikutnya di Semarang, Jawa Tengah. Pada 2007, berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. Sesudah itu di Makassar, Sulawesi selatan dan tahun 2009 kembali di Jakarta.

Tahun 2010 penyelenggaranya adalah Sumatera Utara dan tahun 2011 Sulawesi Utara ditunjuk sebagai tuan rumah. Pelaksanaan OSN ke-9 di Medan ini diikuti sebanyak 1.565 peserta dari seluruh Indonesia. Dari Jumlah itu, Jawa Tengah merupakan daerah yang paling banyak mengirimkan dutanya yakni 178 orang.

Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih predikat juara umum dan memperoleh 20 medali emas, 29 medali perak dan 41 medali perunggu. Sementara di posisi kedua ditempati Jawa Tengah meraih 14 medali emas, 39 medali perak, 32 medali perunggu.

Di posisi ketiga, Banten dengan sembilan medali emas, 15 medali perak dan tujuh perunggu. Pposisi keempat ditempati Jawa Barat dengan delapan medali emas, 11 medali perak dan 11 medali perunggu. Di tempat ada Jawa Timur dengan enam medali emas, 15 medali perak dan 35 medali perunggu.(Ant/BEY)

0 Komentar: