UN Masih Memveto Kelulusan?

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) setelah melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR RI menyatakan UN akan dilaksanakan April 2011 dan hasil UN tidak akan memveto kelulusan. Namun hasil rapat ini oleh Education Forum , salah satu tim penggugat UN, dinilai belum jelas formulasinya

dan bila bobot nilai UN 60% dalam penghitungan nilai kelulusan, maka hasil rapat ini masih memberatkan siswa dan UN masih dianggap memveto kelulusan.



Koordinator Education Forum, Suparman, mengatakan, meski sudah ada keputusan sistem kelulusan nilai UN akan digabungkan dengan nilai rapor dan ujian sekolah dengan bobot nilai UN 60% dan nilai sekolah 40%, keputusan tersebut tidak diikuti dengan formulasi yang jelas.

Menurut Suparman, kalau bobot nilai UN 60%, maka ini dianggap UN masih memveto kelulusan. Padahal, kelulusan siswa itu ditentukan dari proses mereka selama menempuh pendidikan. "Dalam sistem pendidikan, proses juga harus dipertimbangkan. Jangan hasil akhirnya saja," kata Suparman saat dikonfirmasi, Selasa (14/12).

0 Komentar: