Saat ujian, jangan gunakan motto “posisi menentukan prestasi”

Menghadapi ujian nasional yang sekarang sedang berlangsung pasti tiap-tiap pelajar punya trik-trik tersendiri dalam menghadapi yang namanya ujian.ada yang sistim kebut semalam,ada yang sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan belajar dan mengikuti tray out,ada juga yang mempersiapkan bekal contekan sedemikian “pintar”nya melebihi penguasaan ilmunya,bahkan ada juga yang sudah dapat bocoran dari orang dengan membayar ratusan ribu demi sebuah kelulusan walaupun bocoran jawaban tersebut mesti di uji kebenarannya.

Setiap pelajar pasti ingin mendapatkan nilai yang maksimal tinggi dan pasti ingin lulus agar tidak di cap sebagai “manusia bodoh” oleh lingkungan.segala upaya dan daya akan di kerahkan demi mencapai puncak aktifitas belajar. Berkomat kamit ria di saat akan berlangsungnya ujian,penuh dengan ketegangan,rasa was-was melanda,gelisah. Jadi ingat dengan kata-kata temanku bahwa “posisi menentukan prestasi” hahahaha….emang paling bisa aja tuh temanku,maksud kata temanku yaitu apabila ada di posisi tempat duduk yang strategis di apit di antara teman teman yang pintar,di sebelah kanan kiri dan depan belakang yang bisa memberikan sedikit kebaikannya dalam membocorkan soal ujian ke teman di sampingnya.kacau juga kalo motto nya seperti itu….hehehe.bayangkan saja seandainya semua pelajar memakai motto seperti itu,apa jadinya nanti nilai ujiannya.bisa-bisa akan berantakan semua.mengandalkan orang lain untuk menjawab soal-soal ujian karena ketidaksiapan diri sendiri.

Jadi pelajar haruslah mandiri,berani mengerjakan soal ujian sendiri apapun yang akan di hadapi.janganlah berpangku tangan mengharapkan jawaban dari teman yang notabene belum tentu benar.sebagai pelajar mesti siap di ajar dalam belajar,mencoba segala keingintahuan dalam segala hal dalam pendidikan sekolah. Sebagai pelajar mesti bisa “ngilmu ning ati”,berilmu memakai hati jadi akan meresap apa yang di pelajari.

Ujian bukanlah momok menakutkan,tapi mengasah otak kita seberapa siap kita dalam menghadapi ujian,jangan sekali-kali memakai motto tadi “posisi menentukan prestasi” karena jika memakai motto tersebut sama saja belum mempersiapkan menghadapi ujian.belajarlah untuk mengerjakan sendiri walaupun sesusah apapun.karena keberhasilanmu yang menentukan diri kamu sendiri,bukan temanmu ataupun gurumu.

Jadi tinggalkan motto “posisi menentukan prestasi” tapi ganti dengan motto “belajar,berdoa dan berusaha sendiri untuk meraih prestasi yang hakiki”.so….ayo semangat dalam menghadapi ujian…….

0 Komentar: